Islam di Rusia

Masjid Katedral Moscow

Rusia atau ada pula yang menyebutnya Federasi Rusia merupakana sebuah negara berdaulat yang membentang luas dari timur bagaian Benua Eropa sampai utara Benua Asia dengan luas negara mencapai 17.125.200 km² yang mana ini merupakan sebuah negara yang paling luas di seluruh dunia. Dengan luasnya yang mencakup seperdelapan dari luas daratan Bumi maka negara ini memiliki 11 zona waktu. Berdasarkan data pada tahun 2016 negara rusia memiliki penduduk sekitar 146 juta jiwa yang mana mendududki peringkat kesembilan pendududuk terbanyak didunia.

Sejarah Singkat Masuknya Islam di Rusia


Agama Islam masuk pertama kenegara Rusia pada tahun 992 Masehi dimana masyarakat Daghestani yang berada diwilayah Derbent selepas penaklukan Arab (sekitar abad 8) banyak yang memeluk Islam. Kemudian Negeri Muslim pertama adalah Volga Bulgaria yang mana kaum Tatar yang mewarisi Agama Islam dari negeri itu. Seperti penyabaran Agama Islam yang lain kebanyakan adalah dari jalur perdagangan. Yang mana orang orang Arab merupakan penjelajah pedagang sekaligus berdakwah, Orang Arab berdagang lewat jalur utara bukan jalur selatan karean suku-suku Cossack Rusia yang tinggal di jalur selatan yang terlatih untuk perang telah secara tegas menentang penyebaran Dakwah Islam di Rusia.

Lewat jalur utara para pedagang Muslim dan Da’i melintasi stepa Asia Tengah menuju Siberia, dengan dibantu oleh kaum Tatar yang telah lebih dulu masuk agama Islam. Dan pada abad 9 Masehi berdirilah kerajaaan Volga Bulgaria Timur. Dari sanalah Agama Islam berkembang sampai abad 10, 11, 12 Masehi sampai kewilaya Ural, yang sekarang bernama Republik Bashkiria (Bashkortostan). Berkat para pedagang Muslim dari Arab, Iran dan Turki Islam kemudian menyebar ke berbagai bagian lain wilayah Rusia.Kaum Muslim saat ini, telah menjadi kekuatan baru di sekitar Rusia, dari Siberia di sebelah utara dan timur laut ke arah selatan.
Baca Juga Bagian Sejarah Ini: Perkembangan Islam di Bawah Kekuasaan .......

Kondisi Islam Rusia Saat Ini








Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov

Di negara Rusia yang berpenduduk sekitar 146 juta jiwa, 25 juta diantaranya adalah pemeluk agama Islam, terdiri dari 182 etnis yang tersebar di Rusia, sebanyak 57 etnis adalah pemeluk Islam. Pada saat ini di Rusia terdapat 3.345 organisasi keagamaan Muslim di tingkat lokal. Sebanyak 1.945 tersebar di daerah Volga, 980 di Kaukasus Utara, dan 316 lembaga di Ural. Bahkan, sudah ada 18 sekolah tinggi Islam di seantero Rusia.
Di Rusia, jumlah masjid diperkirakan lebih dari 4.750 buah. Di Dagestan terdapat sedikitnya 3.000 masjid. Sedangkan di Tatarstan dalam 10 tahun terakhir telah mencapai lebih dari 1.000 masjid. Ada pula yang menyebut jumlah masjid di negara itu sudah mencapai 7.000 buah.
MasyaAllah, ternyata agama Islam berkembang pesat di negara Rusia. Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: