Kisah Bu Guru Hasniah, Sendiri Mengajar Enam Kelas Sambil Mengendong Anak

Ibu Guru Hasniah


Sahabat Suara Hati, kita pastinya tahu dalam dunia pendidikan tingkat SD (Sekolah Dasar) pasti memiliki enam kelas yaitu Kelas 1 sampai 6. Dan semestinya setiap kelas minimal memiliki satu guru. Namun apa jadinya jika satu Sekolahan hanya memiliki seorang Guru. Dan itu ternyata terjadi di Negaraku Tercinta Republik Indonesia ini.

Ibu Hasniah nama Guru Inspiratif tersebut. Ibu Hasniah mengajar disalah satu Sekolah swatsa SD Bina Setia Semaru yang berada di Dusun Bacang, Desa Tengue, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Dalam menjalankan pembelajaran Bu Guru hasniah mengabungkan anak anak dari kelas 1-3 dan kelas 4-6. Sekolah yang memiliki tiga ruangan tersebut hanya dua ruangan yang digunakan. Yang mana Bina Setia merupakan Sekolah yang dibangun dari dana PNPM dan bantuan swadaya masyarakat sekitar.

“Saya sudah tujuh tahun mengajar di sini. Kelas yang ada itu kelas 1 sampai kelas 6, itu saya sendiri yang mengajar semuanya. Memang sekolah ini ada tiga ruangan, tapi yang dipakai hanya dua ruangan.” Ucapnya.”

Dengan tulus dan iklas Bu Guru Hasniah berusaha memberikan pelajaran terbaik kepada anak didiknya. Yang mana Beliu harus membagi satu papan tulis menjadi tiga untuk memberikan pembelajaran pada anak didiknya yang berbeda tingkatan.

“Dalam mengajar itu satu papan tulis saya bagi tiga, misalnya untuk kelas 1 sampai kelas 3. Di ruangan sebelah juga seperti itu, satu papan tulis dibagi tiga untuk kelas 4 sampai kelas 6,” tambahnya.“

Keteguhan mengajar Hasniah pun diuji karena selain harus mengajar seluruh siswa di sekolah tersebut sendirian, ia juga harus mengasuh anaknya. Sehingga tak jarang selama mengajar, anaknya pun digendong oleh Hasniah.

Masya Allah, semoga perjuangan Hasniah dilihat oleh para pendidik lain yang melalaikan kewajibannya dalam mendidik para siswa. Semoga pula pemerintah bisa memberikan bantuan baik berupa kesejahteraan maupun bantuan tenaga pengajar ke sekolah tersebut dan Ibu Guru Hasniah. Aamiin. [Mas Sup Mj]

Subscribe to receive free email updates: