Wong Jowo Ndak Ilang Jawane

Wong Jowo Ilang Jawane

Kami sebagai orang “Ndeso” masih sedikit memegang apa yang diajarkan simbah-simbah dan orang tua tentang “ungah-unguh” dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya tentang ungah-unguh ketika bertanya dan nderek langkung yang memang sudah banyak ditinggalkan bahkan mungkin dilupakan. Mungkin karena perubahan zaman yang cukup cepat serta kita sebagai wong ndeso tidak siap dengan serbuan gaya metropolitan yang punya pedoman loe-loe, gue-gue.

Mungkin sebagai gambaran berkurangnya ungah-unguh itu seperti cerita kami ini :

Terkadang kami memang sering nongkrong di pos ronda sambil ngobrol ngalor ngidul, nah pas lagi asyike ngobrol tiba-tiba ada mobil meling-meling yang lewat memelankan jalannya, dan mak bedunduk membuka jendela mobilnya separo, dan tanpa babibu dan turun dari singasananya langsung bertitah “ mas rumahnya bapak ****** sebelah mana ya?

Karena si ibuk sorot matanya tertuju kepadaku, berarti dia bertanya kepadaku. Saya sempat melirik kebeberapa teman, dan apa yang mereka lakukan ?? ternyata mereka memberikan kode rahasia berupa angukan penuh makna... hahaha..  maka seperti disinetron-sinetron “tumbar miri jahe” apa yang sedang dipikirkan bisa kita dengarkan. (“ rumahnya pak ****** kan Cuma dekat, tapi caranya bertanya kurang sopan, <nah setannya mulai masuk ni> opo di kerjain wae po yo).

Ooh. Iya buk masih agak jauh sekitar 500 meteran.. lurus aja .. jalanya memang agak masuk kampung dan agak menurun.. rumahnya paling ujung.” 

“Oh ya.. jawabnya sambil menutup kaca mobil.

Setelah mobil berlalu maka senyum-senyum kepuasan terpancar dari bibir kami... “KAPOK RA KOWE KEBLASUK NANG KALI PROGO”.

Maaf ini bukan maksud kami untuk membuat orang tidak suka dengan wong ndeso, hanya untuk memberi pembelajaran. Wong ndeso punya tatanan, maka kami memcoba mempertahankan tatanan yang bagus itu supaya tidak hilang. Ngapunten juga jika cara kami memberikan pembelajarn juga salah. Nuwun 

Iki mung tulisan wong kurang gawean, lan ra genah lagi kanslupan opo... ingkang ngertos ungah-unguh lan nderek langkung ingkang leres monggo orek-orek teng komen.. Matur Suwun. 
<Mas Sup Mj>


Subscribe to receive free email updates: