Metode KonMari : Teknik Merapikan Rumah Dengan KonMari

Metode KonMari : Teknik Merapikan Rumah Dengan KonMari

Metode KonMari

Halo sahabat Suara Hati, belakangan ini sedang  viral dan ngetrend metode merapikan rumah dengan teknik KonMari . Yang manaTeknik ini ditemukan oleh Marie Kondo merupakan seorang penulis best-seller sekaligus ahli organizing dan decluttering terkenal asal Jepang. Bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing sendiri sudah terjual jutaan kopi di lebih dari 30 negara.

Apa itu KonMari?

Teknik KonMari merupakan  sebuah metode untuk menyederhanakan proses dalam membereskan rumah yang digagas oleh seorang konsultan asal Jepang, Marie Kondo. Metode uniknya itu telah membuatnya terkenal. Awalnya, Marie Kondo berprofesi sebagai seorang penasihat para pemilik rumah yang kesulitan untuk merapikan rumahnya. Namun Kini, Marie telah membagikan idenya dengan menerbitkan dua buku fenomenal yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia, yaitu “The Life-Changing Magic of Tidying Up” dan “Spark Joy”.

Cara Merapikan Rumah Dengan Teknik KonMari

Sahabat Suara Hati jika ingin merapikan rumah, tetapi masih bingung karena barang yang begitu banyak yang tersimpan. Berikut ini mungkin bisa membantu dengan mengunakan tekni KonMari dari Marie Kondo.

Tentukan Waktunya

Jadikan acara merapikan rumah sebagai sesuatu yang istimewa. Sediakan waktu khusus, pas libur atau bisa juga ambil cuti ketika malakukan teknik ini. Jangan lakukan setiap hari,jika yang anda lakukan sudah benar cukup sekali dan anda tidak perlu melakukannya lagi.

Sortir Berdasarkan Kategori, Bukan Lokasi

Menurut Marie Kondo, ketika kita merapikan berdasarkan lokasi yang kita lakukan hanyalah menyortir barang agar terlihat rapi. Kondisi tersebut dipastikan tidak akan bertahan lama. Sebaiknya sortir berdasarkan kategori  dengan urutan sebagai berikut : baju, buku, dokumen, pernak pernik dan barang barang mengandung nilai kenangan.

Buang Dahulu, Simpan Kemudian

Simpan barang yang memiliki efek Spark Joy (bahagia, nyaman dan memberikan semangat) pada diri kita. Singkirkan (sedekahkan atau buang) barang-barang yang tidak memiliki efek Spark Joy dan jarang kita gunakan (kurang lebih 6-12 bulan tidak digunakan).

Jangan Simpan Dilemari

Jangan menimbun barang yang tidak digunakan di lemari. Pastikan semua sudah tersalurkan dengan baik, lakukan penyortiran secara berkala agar isi lemari tetap tertata rapi dan tidak berantakan. Ketika dirasa isi lemari mulai penuh dan padat berarti sudah saatnya mengeluarkan pakai an yang sudah tidak digunakan.

Lipat, jangan gantung

Menurut Kondo, hal penting yang nggak boleh terlewat saat kamu merapikan pakaian adalah melipatnya. Bagi Kondo, dibandingkan menumpuk pakaian asal-asalan dalam lemari atau menggantung semua pakaian, pakaianmu akan lebih ‘bahagia’ jika mereka dilipat dengan rapi pada laci kabinet (dresser).

Jangan Menumpuk Barang

Simpanlah barang dengan sistim vertikal, keuntungannya anda dapat menyusun barang lebih banyak dan memudahkan dalam proses pencarian ketika dibutuhkan.

Belajar Teknik Melipat

Marie Kondo juga mengenalkan teknik melipat yang memungkinkan untuk menyimpan dengan posisi vertikal.
Teknik Melipat KonMari Kondo

BONUS

Teknik Menyimpan Barang Ala KonMari

Ada dua pilihan untuk meyimpan barang  : susun berdasarkan kategori dan susun berdasarkan warna,
1. Lipat pakaian, gulung dan tempatkan secara vertikal didalam lemari atau laci. Dengan begitu tiadka ada pakaian yang tersembunyi  semua akan terlihat sehingga tidak mungkin terlewat dan tetap rapi ketika proses pengambilan.
2. Gantung ata taruh barang atau pakaian dengan arah yang sama dan berdasarkan warna, sehingga mempermudah proses pencarian.

Sahabat Suara Hati itulah beberapa pelajaran yang ada dalam Metode KonMari. Anda bisa menerapkanya dengan perlahan dan mulai merubah cara pandangmu akan cara konvensional yang mungkin biasa kamu lakukan. Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: