Kehebatan Lalat Dalam Islam


Kehebatan Lalat - “Allah menciptakan segala sesuatu yang ada di langit dan bumi pasti ada manfaatnya, entah sekarang kita sudah mengetahui manfaatnya atau belum”. Itulah yang saya ingat ketika mengikuti kajian oleh salah satu Ustadz. Jadi semua yang ada di alam semesta ini pasti ada manfaatnya bagi kita, termasuk lalat. Binatang yang diangap menjijikan dan sumber penyakit ini adalah salah satu binatang yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Dalam surah Al-Haj ayat 73 Allah SWT menyampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengingatkan kaum kafir tentang mereka yang menyembah berhala sebagai tuhan mereka.

"Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah." [QS. Al-Haj ayat 73]

Surat ini mengingatkan kaum kafir bahwa patung-patung yang meraka angap tuhan tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun semua patung yang mereka buat bersatu. Kemudian menyindir seandainya patung itu adalah tuhan mereka maka tidak dapat menghalau jika lalat akan hinggap di tuhan mereka.

Sedangkan dilihat dari al hadist lalat dapat menjadi obat. Nabi Muhammad SAW yang hidup 14 abad yang lalu beliau buta huruf dan saat itu belum ada yang namanya mikroskop tetapi beliau telah berpesan dalam hadistnya :
ال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي شَرَابِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْمِسْهُ ثُمَّ لِيَنْزِعْهُ فَإِنَّ فِي إِحْدَى جَنَاحَيْهِ دَاءً وَالْأُخْرَى شِفَاءً

(صحيح البخاري)
“Jika jatuh seekor lalat pada minuman kalian maka benamkanlah, lalu keluarkan, sungguh disalah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sebelah sayap lainnya kesembuhan” [Hadis Shahih Riwayat Bukhari (3320), Abu Daud (3844), Ibnu Majah (3505)]

Hadist tersebut terbukti di zaman serba modern ini bahwa dalam seekor lalat pada sebalah sayapnya dapat ditemukan 1 Gen Refilin yaitu gen yang memiliki dua fungsi yaitu Industri dan fungsi daripada Kesehatan. Seperti yang dikemukakan ilmuawan dari Australia.

Mari kiata jelasakan tentang fungsi kedua Gen tersebut.
Fungsi Industri: Gen Refilin ternyata lebih dahsyat dan kuat dari semua jenis karet yang telah dibuat oleh banyak orang yang berada di Bumi. Gen refilin yang berada dalam sayap lalat lebih kuat jika dipakai sebagai karet karena mempunyai daya dorong dan daya tekan yang sangat kuat dan daya pental yang lebih dahsyat dari serangga lain.
Fungsi Kesehatan : Gen Refilin dalah salah stu gen yang dapat mnegobati penyakit-penyakit yang ada pada syaraf arteri, sayaraf meina. Gen refilin yang terdapat pada sayap itulah yang dapat mengobatinya.

Kandungan hadist dari Rasulullah adalah jika seekor lalat jatuh pada minuman kemudian tengelamkan ia, yang mana gen-gen  Refilin terdapat pada sayap lalat dapat bertebaran di air hingga menjadi penawar dari bakteri-bakteri yang berada di sayap lainya.

Masya Allah, begitu jeniusnya Rasulullah dimana pada masa itu belum ditemukan mikroskop ataupun kecangihan teknologi yang digunakan untuk meneliti tentang lalat tetapi Beliau mampu mengetahuinya, sehingga baru dapat terbukti pada zaman modern ini. 

Semoga Bermanfaat...


Subscribe to receive free email updates: