Kumpulan Nasehat Abdullah Gymnastiar

Ustadz Yan Gymnastiar lahir 29 Januari 1962 di Bandung, Jawa Barat atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym adalah seorang pendakwah, penulis buku serta pengusaha. Beliau juga sebagai pendiri pondok pesantren Daarut Tauhiid yang terletak di Gegerkalong Girang, Bandung. Beliau menjadi populer karena mengenalkan cara berdakwah yang unik dengan gaya teatrikal dengan pesan-pesan dakwah Islami yang praktis dan umum diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Selain berdakwah langsung maupun mengajar di pesantren beliau juga berdakwah memalui media sosial yaitu KH. Abdullah Gymnastiar. Saya sangat kagum dengan pemilihan kata dan nasihat beliau yang sangat mudah ditangkap dan di pahami oleh umum. Dan berikut ini kami berikan beberapa nasihat beliau melalui media sosial.

Orang yang tak jujur tak akan pernah tenang dan dijamin akhirnya akan hancur, bila tak segera tobat.
Awal dari kebaikan adalah jujur, bila kehilangan kejujuran niscaya akan amat mudah berbuat keburukan.
Assalamu'alaikum sahabatku yang baik hati jangan lupa untuk berterima kasih atas sekecil apapun kebaikan orang lain, akan menyenangkan.
Tak perlu mengingat dan menyebutkan kebaikan diri, Alloh tak akan lupa dan Pasti sempurna balasanNya bila benar benar ikhlas.
Ujian dan cobaan bukanlah beban melainkan karunia yang harus disyukuri dan disabari, disikapi dengan tepat.
Saudaraku, memang tidak mungkin semua orang di dunia ini sama-sama kaya raya secara harta. Sudah menjadi sunnatulloh ada siang ada malam, ada miskin ada kaya. Namun, yang lebih penting bagi kita bukanlah kekayaan harta, melainkan kekayaan hati. Ada orang kaya harta, tapi hatinya miskin. Kaya raya tapi dari hasil korupsi, menipu, mengkhianati dan pelit bersedekah. Namun, ada orang yang sangat terbatas kekayaan hartanya, namun memiliki hati yang lapang; jujur, amanah, tanggungjawab, senantiasa optimis, dan pantang meminta-minta
Saudaraku, jika kita merasa memiliki sesuatu, bisa harta kekayaan, pangkat jabatan, pasangan, anak-anak, rumah, kendaraan, dan lain sebagainya dari urusan dunia ini, maka yakinilah bahwa semua itu hanya titipan. Bahkan diri kita pun hanyalah titipan
Seluruh kesibukan di dunia sesungguh ya agar bisa selamat di akherat, apa artinya di dunia dianggap sukses tapi di akherat celaka
Jangan suka melankolis dagang penderitaan, hadapi dengan baik sangka kepada Alloh bahwa semua perbuatan Alloh Pasti baik.
Saudaraku, gengsi adalah penyakit yang menyesakkan dada, membuat hati tertekan, merasa terhimpit, dunia ini terasa sangat sempit. Ada orang yang karena gengsi naik angkot, maka dia memaksakan naik taksi, padahal ia tidak mampu dan memang tidak perlu. Sepanjang jalan ia tidak menikmati jok yang empuk di dalam taksi karena matanya gelisah melihat argo yang terus bertambah.
Saudaraku, air menetes, lembut, kecil, tapi istiqomah, setetes demi setetes, maka batu yang keras pun menjadi cekung bahkan berlubang. Ini adalah sunnatulloh, bahwa istiqomah itu adalah kekuatan. Istiqomah itu mengundang karomah, kemuliaan.
Kita tak perlu berharap semua orang akan suka kepada kita karena hal yg mustahil dan tak diperlukan, yg penting Alloh suka Kpd kita.
Saudaraku, sudah kita pahami bersama bahwasanya ujian adalah keniscayaan hidup. Hidup di dunia pasti selalu bertemu dengan berbagai persoalan, masalah, ujian. Dan salah satu bentuk dari ujian tersebut adalah ujian dalam bentuk kesenangan. Bahkan, ujian dalam bentuk kesenangan ini jauh lebih berat daripada ujian kesusahan. Resiko ketika salah mensikapinya pun jauh lebih besar daripada ujian kesulitan.
MACET ? Jangan sampai macet berzikir , terus lah ingat Alloh, istigfar, sholawat, jangan biarkan sia sia.
Tak ada kebohongan yang tak diketahui Alloh, bila Alloh membuka pasti akan terbongkar tanpa bisa dicegah siapapun
Jangan mudah terpancing oleh hal yang tak enak , jangan mudah Tersulut emosinya, biasakan tenang dan jernih dalam segala situasi.
Saudaraku, jika Alloh Swt. menghendaki suatu kebaikan terjadi pada makhluk-Nya, maka tiada seorangpun dan tiada suatu apapun yang bisa menghalanginya. Demikian juga sebaliknya, jika Alloh menghendaki keburukan menimpa makhluk-Nya, maka tiada siapapun dan apapun yang bisa menghalanginya.
Yakinlah bahwa setiap berbuat maksiat pasti disaksikan oleh Alloh dan pasti akan kembali kepada diri sendiri musibahnya.
Berani mengakui kebaikan orang lain adalah salah satu kunci penting dalam pergaulan kita dengan sesama manusia. Karena, ada tipe orang yang tidak bisa melihat orang lain lebih dari dirinya. Orang yang demikian namanya pendengki. Dengki adalah sifat yang sangat berbahaya. Seorang pendengki itu susah lihat orang lain senang dan senang lihat orang lain susah. Orang yang demikian akan merugi karena habis pahala yang dimilikinya. Rosululloh Saw. bersabda, “Jauhi oleh kalian sifatdengki, karena dengki itu memakan kebaikan bagaikan api menghabiskan kayu bakar.” (HR. Abu Daud)
Saudaraku, memang tidak mungkin semua orang di dunia ini sama-sama kaya raya secara harta. Sudah menjadi sunnatulloh ada siang ada malam, ada miskin ada kaya. Namun, yang lebih penting bagi kita bukanlah kekayaan harta, melainkan kekayaan hati. Ada orang kaya harta, tapi hatinya miskin. Kaya raya tapi dari hasil korupsi, menipu, mengkhianati dan pelit bersedekah. Namun, ada orang yang sangat terbatas kekayaan hartanya, namun memiliki hati yang lapang; jujur, amanah, tanggungjawab, senantiasa optimis, dan pantang meminta-minta.
Saudaraku, jika kita merasa memiliki sesuatu, bisa harta kekayaan, pangkat jabatan, pasangan, anak-anak, rumah, kendaraan, dan lain sebagainya dari urusan dunia ini, maka yakinilah bahwa semua itu hanya titipan. Bahkan diri kita pun hanyalah titipan.
Jauh lebih baik dianggap bodoh tapi jadi tau dan pintar daripada ingin diakui sebagai pintar tapi jadi tetap dalam kebodohan.
Seringkali kita sibuk dengan kecemasan akibat mendramatisir masalah, padahal sesudah dilalui tak Segawat yang dicemaskan
Jauhi komentar, celetak celetuk, pertanyaan iseng yang dapat merusak suasana, kebersamaan dan merusak kebahagiaan orang lain.
Itulah beberapa nasihat beliau yang sangat mudah kita pahami. Semoga kita dapat meresapi nasihat Aa Gym dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita dapat menjadi orang yang lebih baik. Amin 

Semoga Bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates: