Tips Rumah Tetap Aman Ketika Ditingal Mudik Lebaran

Tips Rumah Tetap Aman Ketika Ditingal Mudik Lebaran. Sahabat Suara Hati mudik atau pulang kampung merupakan salah satu momen yang kita tunggu ketika lebaran maka tidak mengherankan jika kota-kota besar akan kita tinggalkan unuk mudik lebaran ke daerah yang kita tuju. Dan yang akan terjadi komplek-komplek perumahan di kota besar akan menjadi sepi dang lengang karena ditinggalkan. 
Tips Rumah Tetap Aman Ketika Ditingal Mudik Lebaran
Rumah Aman Ketika Ditingal Mudik

Maka dari itu ketika kita akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama kita wajib memperhatikan dari keamanan dan terjaganya rumah selama kita tingalkan, mulai dari keamanan dari pencurian, kebakaran, menjaga binatang peliharaan dan yang lainnya. Den berikut kami berikan beberap tips supaya rumah anda tetap aman selama ditinggal mudik lebaran.

Listrik

Paling banyak kasus kebakaran yang terjadi dikota besar biasanya dikarenakan oleh konsleting pada listrik rumah. Maka sebelum mudik kita wajib 
  • Megecek kabel-kabel listrik yang berada pada tempat tersembunyi apakah ada kabel yang aus atau terkelupas.
  • Ketika ditinggal nyalakan lampu hanya di beberapa titik yang diangap penting saja.
  • Jika diperlukan pasang peralatan lampu otomatis akan padam bila siang hari.
  • Minta bantuan petugas keamanan komplek atau tetangga yang tidak mudik untuk membantu mengecek kelistrikan rumah anda selama mudik.


Kompos Gas

Sedangkan penyebab terjadinya kebakaran yang kedua adalah kompor gas. Dan hal yang harus anda lakukan adalah copot regulator gas pada kompor, jauhkan tabung gas dari sumber panas (sinar matahari), jika perlu jangan menyimpan tabung gas didalam rumah ketika mudik.

Surat-surat Berharga

Untuk menyimpan surat-surat berharga seperti ijazah, sertifikat, perhiasan atau yang lainnya, bungkus yang rapi kemudian letakkan ditempat yang aman. Ini bertujuan untuk menghindari dari pencurian, kebakaran atau menghindari kerusakkan dari kelembabpan dan binatang. Atau jika perlu titipkan ke pegadaian resmi maka keamanan akan terjamin.

Perabotan

Untuk perabotan dapur seperti piring, gelas, sendok dan yang lain sebagainya sebaiknya simpan dalam kardus atau box tertutup kemudian letakkan di tempat yang kering. Ini berguna untuk menghindari kotor dan pecah karena hewan. Sedangkan kulkas sebaiknya kosongkan isi kulkas kemudian cabut daya listrik pada kulkas.

Kebocoran Rumah

Sebaiknya jika anda mudik pada musim penghujan, periksa atap rumah anda ada yang bocor atau tidak. Ini bertujuan menghindari korslet listrik dan kerusakan perabot yang terkena air.

Kran Air

Sebaikknya matikan semua kran yang ada dirumah anda, atau jika anda mengunakan air PAM minta tolong kepada petugas untuk selalu mengecek.

Hewan Peliharaan dan Tanaman

Jika anda memiliki hewan peliharaan pilihan terbaik adalah menitipkan ke penitipan hewan atau kepada orang yang dipercaya, supaya hewan anda tetap terawat dan sehat.
Untuk tanaman sebaiknya minta tolong kepada orang lain untuk membantu merawat selama anda mudik.


Pasang CCTV

Sekarang kita sudah dibantu dengan teknologi yang dianamakan CCTV, ini bisa menjadi alternatif anda untuk menjaga rumah anda selama mudik. Pasang beberapa CCTV pada tempat yang strategis untuk memantau keadaan rumah anda.


Berkoordinasi Dengan RT atau Kemanan Setempat

Sebelum anda mudik, wajib lapor ke RT atau petugas keamanan komplek rumah anda. 

Ketika anda akan mudik sebaiknnya anda menitipkan kunci cadangan rumah kepada orang yang anda percaya, ini bertujuan rumah anda tetap bisa dibuka dalam keadan darurat. Demikian Tips Rumah Aman Ketika Ditingal Mudik Lebaran ini bisa menjadikan anda tenang ketika rumah ditinggal mudik. Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: